Mengenal SQL Dasar

Assalamualaikum Wr. Wb

Welcome to Blog Ngoding Study Club, dimana tempat untuk rekan-rekan semua Belajar Bahasa Pemograman, dipembahasan sebelumnya saya menjelaskan tentang apa itu Program Sederhana menggunakan Operator Aritmatika pada Python. nah di pertemuan kali ini saya akan menjelaskan tentang Apa itu SQL dasar pada basis data. bahasa yang digunakan dalam penulisan perintah manipulasi data pada database, sebelum membuat basis data kita tentunya harus memahami terlebih dahulu apa itu apa itu SQL dasar. apalagi SQL dasar itu sangat penting loh untuk membuat database di Mysql…

 

Apa Itu SQL ?

  • SQL (Structured Query Language)SQL (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini secara de factomerupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan Manajemendatanya.Fungsi Dasar SQL.
  • SQL sebagai bahasa yang dirancang khusus untuk berkomunikasi dengan basis data sehingga dalam membuat dan memanipulasi basis data. sebaiknya kita mengetahui fungsi dari perintah dasar SQL itu sendiri dalam membangun sebuah basis data.
  • Secara umum, SQL terdiri dari dua bahasa, yaitu Data Definition Language (DDL) dan Data Manipulation Language DML. Implementasi DDL dan DML berbeda untuk tiap sistem manajemen basis data (SMBD), namun secara umum implementasi tiap bahasa ini memiliki bentuk standar yang ditetapkan ANSI. DDL – Data Definition Language merupakan kumpulan perintah SQL yang digunakan definisi metadata pada objek-objek database.

1. DDL atau Data Definition Language

DDL merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan pendefinisian suatu struktur database, dalam hal ini database dan table. Beberapa perintah dasar yang termasuk DDL ini antara lain :

Fungsi / kegunaan DDL

DDL digunakan untuk mendefinisikan, mengubah, serta menghapus basis data dan objek-objek yang diperlukan dalam basis data, misalnya tabel, view, user, dan sebagainya. Secara umum, DDL yang digunakan adalah CREATE untuk membuat objek baru, USE untuk menggunakan objek, ALTER untuk mengubah objek yang sudah ada, dan DROP untuk menghapus objek. DDL biasanya digunakan oleh administrator basis data dalam pembuatan sebuah aplikasi basis data.

  • CREATE
    Seperti namanya, perintah create digunakan untuk membuat sesuatu, dalam hal ini adalah database dan table.
  • ALTER
    Perintah alter digunakan untuk merubah struktur atau mengubah informasi. Perintah alter bisa digunakan untuk database ataupun table.
  • RENAME
    Perintah rename biasanya digunakan untuk mengubah nama table, apabila sebuah table ingin diganti namanya.
  • DROP
    Perintah drop digunakan untuk menghapus, maka apabila menggunakan perintah ini harus berhati-hati karena drop dapat mengakses database, tabel, kolom, index, procedure dan yang lainnya.

2. DML – Data Manipulation Language

merupakan kumpulan perintah SQL yang digunakan untuk proses pengolahan isi data di dalam table seperti memasukkan, merubah dan menghapus isi data – dan tidak terkait dengan perubahan struktur dan definisi tipe data darI objek database.

Fungsi / Kegunaan DML

DML digunakan untuk memanipulasi data yang ada dalam suatu tabel. Perintah yang umum dilakukan adalah SELECT untuk menampilkan data INSERT untuk menambahkan data baru

Perintah SQL yang termasuk dalam DML antara lain:

  • SELECT
    Perintah select digunakan untuk menampilkan data-data yang ada didalam tabel pada suatu database.
  • INSERT
    Perintah insert digunakan untuk menambahkan data pada tabel yang terdapat didalam database.
  • UPDATE
    Update digunakan untuk mengubah data, atau memodifikasi data yang terdapat didalam tabel.
  • DELETE
    Perintah delete digunakan untuk menghapus data atau record didalam table.

3. DCL

Data Control Language disingkat dengan DCL. Merupakan perintah-perintah yang dapat digunakan untuk menjaga keamanan basis data, perintah tersebut dapat dipakai untuk menentukan akses basis data hanya dapat dilakukan oleh    orang- orang tertentu dan dengan macam akses yang dibatasi pula.

Fungsi / Kegunaan DCL

Digunakan untuk melakukan pengontrolan data dan server databasenya.

Beberapa printah DCL :

  • GRANT
    Perintah grant digunakan untuk memberikan hak akses atau izin pada user di database untuk dapat mengakses database tersebut. Selain itu perintah grant juga dapat digunakan untuk menambahkan user atau pengguna baru di DBMS.
  • REVOKE
    Perintah revoke adalah kebalikan dari perintah grant, perintah revoke digunakan untuk menghapus atau atau mencabut izin hak akses.

 

mungkin hanya itu yang bisa saya jelaskan terkait Penjelasan diatas hanya sebatas sebagian pengertian SQL dan perintah-perintah yang umumnya digunakan dalam mengakses atau memanipulasi database.

mohon maaf jika ada kesalahan kata dalam penulisan ini.

thank you very much. jangan lupa baca materi-materi selanjutnya ya !!

“teruslah berkarya, karena kita adalah generasi penerus bangsa”

 

By Rianti Kinasih & Sasmitoh RR